Muara Tenang #3: Ziarah

Saya sempat kebingungan ketika mendengar term ziarah. Saya terbiasa menggunakan kata itu secara semantik untuk menyebut kunjungan ke makam. Tapi, ternyata dalam kamus Bahasa Indonesia, ziarah bisa berarti mengunjungi. Mengunjungi siapa? baik mahluk hidup maupun yang sudah tidak hidup. Jadi, kalau di lingkungan saya di rumah, kata ziarah mengalami penyempitan makna sedangkan di semendo, mengalami perluasan makna. Wahaha. Ini emang kayaknya sayanya aja yang kurang gahol sampe nggak ngerti gitu. Haha.

Selain berkunjung ke makam makam setempat (ada beberapa kerabat yang dimakamkan disana), saya juga berziarah ke rumah rumah saudara. Mari berziarah dahulu ke tempat Bi Kartubi “mari berkunjung ke tempat Bibi Kartubi”. Berziarah ke yang masih hidup punya tujuan menyambung silaturahmi sedangkan berziarah yang sudah meninggal berarti mengirim doa untuk mendiang yang sudah duluan berpulang.

Oleh karena kunjungan saya ke Semendo hampir bertepatan dengan bulan puasa, maka saya sempat merasakan prosesi ruwahan. Ternyata namanya pun sama seperti di Jawa. Ruwahan, arwahan. Bersih desa kemudian melakukan doa doa untuk nenek moyang. Tidak harus dilakukan di makam. Di rumah pun juga bisa.

Di rumah kakek saya waktu itu sempat dilakukan prosesi ruwahan. Kami mengundang tetangga tetangga untuk datang selepas maghrib. Setelah mereka berdatangan, prosesi doa dimulailah oleh tetua. Usai doa, orang yang lebih muda mengambil makanan yang telah disiapkan ke ruang doa tadi. Berpiring piring makanan tersaji di atas taplak dan orang mulai makan bersama. Berbeda seperti monga ruwa di Gorontalo, tidak ada uang sedekah yang diberikan oleh rumah yang menyelenggarakan ruwahan. Prosesi ditutup dengan bersalaman seluruh tamu yang hadir dan semuanya plang ke rumah masing masing. Tersisa keluarga utama yang memulai makan malam mereka.

Woaaah.. sungguh beruntung karena pengalaman menyaksikan upacara adat adalah pengalaman yang mengesankan. Thanks Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s