Legenda ‘To Ayua’

Sudahpernah dengar To ayua? To ayua sendiri secara harfiah berarti orang hutan. Jangan pikirkan mereka adalah monyet endemik Indonesia yang dilindungi. Mereka adalah orang orang Indonesia jaman dahulu yang tidak terjamah modernisasi dan masih mengira Belanda masih berkuasa di negeri ini.

Menurut Ka Une, pemuka adat di Sukamakmur, pada jaman dahulu kala orang orang indonesia yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia diserang oleh Belanda. Ada sebagian yang melarikan diri ke hutan di sekitar Bone Bolango dan tinggal di dalamnya hingga bertahun tahun lamanya hingga Indonesia merdeka. Menurut legenda, mereka masih memiliki kesaktian ilmu ilmu yang diturunkan turun temurun pada anak cucunya hingga sekarang. Jadi, di masa yang modern ini mereka diyakini masih memiliki kekuatan yang pada jaman dahulu digunakan untuk melawan kumpeni seperti kebal terhadap senjata, bisa menghilang dan lain sebagainya.

Anak didik saya, Rizal sempat bercerita bahwa menurut orang tuanya, jika kita menemukan sebuah tanah lapang dengan rumput rumput yang sudah tinggi yang terlihat seperti biji padi keemasan maka jangan kita ganggu daerah itu karena wilayah tersebut merupakan kepunyaan to ayua.

Tidak banyak warga yang mau masuk jauh ke dalam hutan karena legenda to ayua masih terpelihara hingga saat ini. Akan tetapi pada tahun 2002, ka une berhasil menangkap salah satu dari to ayua berjenis kelamin perempuan yang kemudian dibawa ke kota dan diperlihatkan kepada publik. Ia bercerita bahwa membutuhkan tiga hari untuk menaklukan to ayua karena ia berilmu tinggi. Setelah dibawa ke kota, to ayua mati setelah minum es sirup. Hmm.. sad ending. Sayang sekali tidak ada dokumentasinya. Terlepas benar atau tidaknya cerita tersebut, legenda to ayua masih merupakan salah satu legenda yang melekat pada masyakarat Gorontalo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s