Klenik Indonesia 2

Kekuatan Sugesti

Ini kenangan saya terhadap salah satu nenek –seseorang yang kami anggap sebagai nenek-, namanya Mbah Suli. Beliau adalah salah satu dari sebagian kecil penganut agama Budha di desa kami.

Sebagai salah satu orang kuno, beliau tidak hanya mempercayai pengobatan modern. Menurutnya, pengobatan secara spiritual dan tradisional juga memberi dampak yang baik bagi kesehatan. Setiap kali beliau sakit, beliau akan berkunjung ke rumah kami untuk sekedar minta paracetamol atau antibiotik. Tapi terkadang ia memilih untuk mengobatinya dengan menggunakan dedaunan atau pergi ke orang pintar.

Suatu ketika, Mbah Suli sakit. Kami memberinya beberapa butir obat akan tetapi ia merasa kurang puas. Di sore itu, saya diajak ke seorang pendeta yang tinggal di sebelah desa. Pendeta yang sudah tua tersebut pergi ke belakang rumah, mengambilkan segelas air putih dan kemudian didoakan. Air putih tersebut diberikan kepada Mbah Suli dan ia menyuruh beliau menghabiskan. Mbah Suli yang tadinya lesu, menjadi agak segar setelah meminum ramuan yang diberikan bapak pendeta.

Kekuatan sugesti dari pendeta tersebut rupanya mampu memberikan energi lebih bagi Mbah Suli. Kemudian layaknya teman, kedua orang tersebut saling bercerita mengenai kehidupan mereka masing masing. Bapak pendeta bercerita bahwa ada tetangganya yang datang. Kemudian ia tahu tanda tanda mati, dan bapak pendeta menyuruh dua orang berboncengan dan si sakit berada di tengah. Ia menyuruh mereka segera pulang. Rupanya si pendeta tahu bahwa si sakit ini sedang sakaratul maut dan malaikat maut sudah datang untuk mengintai. Tepat ketika sampai di rumah, mereka mendapati bahwa si sakit sudah meninggal. Jadi.. selama perjalanan mereka berboncengan dengan mayat. Jeng jeng jeng..

Di masa modern ini nampaknya kita masih lekat dengan urusan urusan spiritual seperti itu. Sungguh tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Saya masih sering bertanya tanya –sekaligus kagum-. Dokter yang belajar bertahun tahun saja masih kalah dengan nenek moyang kita yang percaya pada hal hal spiritual. Bahkan dukun dukun itu seperti punya kemampuan melihat masa depan. Hmm.. emejing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s