Wisata Alam Jatimulyo

Petualangan kami yang peduli pada dolan dolan ala alam dimulailah. Tentu tak hanya sekedar mencerahkan pandangan mata dan pikiran. Perjalanan kami menemukan tentang banyak hal bermakna. Sebuah perjalanan yang juga spiritual bagi jiwa jiwa muda kami. Sangat sederhana. Mengunjungi sebuah desa nun di selatan sana dan berbaur bersama warga menikmati kesederhanaan hidup yang mewah.

1. Desa wisata

Jatimulyo yang kaya dengan keindahan alam yang masih asri merupakan aset penting bagi Kulon Progo menarik wisatawannya datang memenuhi kas daerah. Seperti halnya desa wisata lain di Yogyakarta, desa wisata Jatimulyo memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati asrinya alam pedesaan Kulon Progo yang masih asli. Pengunjung akan diajak untuk merasakan kehidupan ala pedesaan dengan mengikuti full day living dengan penduduk setempat. wisatawan tinggal di rumah warga, mengikuti kegiatan mereka dan berkunjung ke berbagai tempat wisata yang tersebar di Jatimulyo seperti Goa Kiskendo, hutan pinus di sekitar Jatimulyo, trekking, konservasi anggrek, memasak makanan khas daerah, membuat aren dan sebagainya

2. Air terjun Kedhung Pedhut

Kedung Pedhut adalah sebuah aliran sungai yang didesain sedemikian rupa sehingga lebih mirip area prewedding daripada sebuah aliran sungai biasa. Gardu pandang mini, jembatan, kolam yang dibendung, membuat para pecinta air betah berlama lama merenungi air dan menikmati air yang dalam jepretan poto, berasa seperti kali yang dipotosop. Haha. Masih teringat saya, Stella, Nur dan Arma, Imron yang mengunjungi Kedhung Pedhut sore sore waktu itu.

3. Air terjun Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal hampir sama dengan Kedhung Pedhut. Konsepnya pun hampir sama. Namun yang membedakan adalah Taman Sungai Mudal adalah hulu dari seluruh sumber air di Jatimulyo. Disanalah letak mata air yang mengalirkan air hingga ke penjuru. Letaknya pun berbatasan dengan dinding bukit Jawa Tengah. Alirannya pun lebih bening jika dibandingkan dengan sungai sungai lain di Jatimulyo. Sekitar Taman Sungai Mudal pun dijadikan konservasi tanaman Anggrek dan digadang gadang sebagai pusat konservasi wilayah Yogyakarta. O, ya, buat yang mau belajar berenang, Taman Mudal adalah pilihan yang tepat. Stella dan saya belajar berenang di sebuah kolam di bagian atas. Lumayan lah untuk pemula.

4. Air terjun pinggir jalan yang memukau

Saya lupa nama air terjun pinggir jalan ini. Air terjun yang turun dari atap sana mengalir dengan indahnya. Letaknya sedikit tersembunyi malu malu di balik dedaunan namun suaranya mengundang pengunjung untuk mampir sejenak. Kurang bisa untuk berendam. Tapi jika hanya merasakan segarnya aliran, air terjun ini cukup untuk sedikit meredakan penat.

5. Kuliner khas setempat

Jika ada kuliner yang tidak bisa dilupakan dari daerah ini, tentunya dawet sambel dan geplak. Dawet sambel mungkin terdengar aneh. Tapi jangan salah, rasanya benar benar tak terlupakan. Kalau di daerah lain dawet adalah cendol kenyal yang berkuah juruh (siraman kuah gula aren atau sirup) dan rasanya manis. Sedangkan di Jatimulyo, dawet sambel adalah cendol kenyal bertabur tauge mini mini dengan bawang goreng yang disiram kuah aren segar (bukan gula aren lho. Tapi deresan nira aren betulan yang fresh diambil dari pohonnya) dan diberi sambal. Rasanya? Wuih.. mantappp pokoknya. Mungkin akan terasa aneh bagi yang belum terbiasa. Tapi percayalah, rasanya manis segar sedikit pedas. Mantapp. Kuliner kedua, ada gembel (bukan si Arma lho. haha). Gembel ini sebenarnya adalah makanan asli Kulonprogo yang kemudian dimodifikasi. Tadinya hanya merupakan adonan aci yang digoreng dan disajikan langsung leb. Sekarang? Aci diisi dengan adonan tempe yang diulek agak halus dengan remahan cabai yang bercampur kemudian digoreng dan voila.. jadilah gembel yang dimakan hangat hangat ditemani dengan teh hangat. Ah.. sungguh hidup dalam kesederhanaan justru sangat mewah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s