Mengejar Senja di Pelataran Istana

Walau bagaimanapun saya turut andil dalam tidak jadinya pergi ke pantai pada hari rabu lalu. Saya berinisiatif untuk setidaknya mencari solusi tempat untuk piknik. Melintas di pikiran saya tentang matahari terbenam di gerbang istana. Hampir semua orang kecuali Dani dan Sugeng mengiyakan untuk pergi bersama. Kali ini Daya juga ikut dalam perjalanan.

Hari jumat, kami bepergian. Janjiannya sih jam 15.00 WIB, akan tetapi kami baru berangkat satu jam kemudian. Hal ini dikarenakan saya masih ada urusan (walaupun akhirnya batal). Sebenarnya saya cukup kecewa karena materi lomba fotografi saya gagal diserahkan hanya karena kurang file dalam CD. Limamenit sebelum kantor tutup, saya berusaha mencari nero didalam Blake. Tapi apa daya, ternyata tidak ada sama sekali nero.saya kecewa karena masnya yang menginstal laptop saya –yang tidak akan saya sebutkan siapa-, tidak memasukkan kembali program program penting yang sempat terhapus. Harusnya ia paham bahwa program yang sepertinya remeh temeh tersebut sangat penting pada akhirnya. Tapi apa daya, nasi sudah menjadi bubur. Ke depannya saya mungkin tidak akan meminta bantuannya lagi untuk menginstal ulang.

Kecewa terlalu lama tidak membuat materi lomba foto saya menang seketika. Saya mengumpulkan semangat kembali untuk mencari solusi. Saya mencari beberapa kenalan yang bisa dipinjam laptopnya untuk mengeburn CD saya sendiri. setelah beberapa kali gagal, akhirnya saya bertemu dengan Hasan. Dia mengenalkan saya pda sepupunya dan untungnya dia mau meminjamkan laptopnya. Baterai Toshibanya kritis. Tapi saya berhasil mengeburn foto. Sialnya ada satu file masih tertinggal. Saya putus asa. Saya kembali ke kantor dan menemukan bahwa kantor sudah tutup tepat satu menit setelah saya berhasil mengeburn foto. Manis.

Dengan langkah gontai, saya pulang. kecewa berat, tapi mau bagaimana lagi, nasi sudah remuk. Buang dan lupakan.

Akhirnya kami baru berangkat pukul 4 sore. Sekitar 45 menit kemudian kami sampai di Candi Boko. Matahari sedang cantik cantiknya. Kami segera menuju gerbang utama untuk menikmati sunset. Sialnya Candi Boko sedang ramai orang yang melakukan pemotretan senja. Bapak bapak berusia 40 an berteriak teriak memaki orang orang yang menghalangi pandangan kamera mereka. Menurut saya sih mereka salah, itu kan tempat umum dan setiap pengunjung membayar untuk menikmati hal yang sama. Jadi dimanapun pengunjung mencari spot, itu hak mereka. mau kamu dapat sunset atau tidak, itu keberuntungan saja. :p. wkwkwk

Kami tidak lama mendapatkan sunset. Bola api raksasa ini tenggelam pelan pelan di balik awan. Senja mulai pergi, digantikan oleh malam sunyi. Kami bergegas pergi. Pak satpam melarang kami untuk berbalik arah tapi kami tetap nekat. Ya kali pak mau muterin bukit. Pak Satpam mengawasi langkah kami, dan kami pelan pelan pergi berlari.

Dengan nafas tersengal sengal kami sampai di parkiran. Kami turun sambil menikmati pemandangan lampu lampu kota Klaten dan Jogja yang terhampar luas di depan mata. Indah. Oleh karena trafik yang sedemikian padatnya, saya, Priyok, Husein dan Endah tidak bisa sampai di Masjid Prambanan. Kami sembahyang di masjid di daerah Plaosan. Makan malam dengan mi rebus traktiran Fitria menutup malam kami dengan sempurna. Pukul 20.00 kami bersiap kembali ke rumah. Beberapa teman masih melanjutkan malam dengan menonton pertunjukan wayang wong, yang saya inginkan hanyalah pulang. Pulang, tidur sampai pagi nak.Yang saya inginkan hanyalah semua orang tersenyum. Semoga memang hari ini semua orang bahagia –selain juga keringetan dikejar satpam gara gara bandel-.

Suatu saat kami ingin kembali lagi. Piknik di sore yang indah, tentunya tidak tergesa gesa seperti halnya kemarin. Mungkin kami akan berangkat lebih awal sehingga waktu untuk menata pikiran lebih leluasa.

Leave a Reply

