Menebar Asa Kehidupan

Satu hari pasca meninggalnya ibu Fitri, Nur dan Arma mengajak saya dan Fitri untuk membeli benih ikan di daerah Cangkringan. Pagi pagi, kami pergi ke pasar ikan, sekitar 10 km dari rumah. Perjalanan ini menghasilkan seplastik besar berisi ikan ikan lucu seharga 150.000  yang ternyata akan disebar di sungai.

IMG_2978

‘Rumah sementara’ para ikan di Cangkringan

Ketika pertama kali mendengar ide ini, saya hanya geleng geleng kepala. Dasar orang orang gila. Tapi saya pun setuju dengan pemikiran mereka. saat ini lingkungan tidak lagi bersahabat. Terlalu banyak limbah yang dikeluarkan manusia dan dibuang begitu saja di tempat bernama sungai. Hasilnya, ekosistem rusak. Masihkah kita mendengar katak bernyanyi sehabis hujan, ikan ikan yang berkeliaran di kali ketika kita menjulurkan kaki kaki ke sungai. Sudah tidak lagi.

Setelah berputar putar, kami menemukan sebuah sungai di bawah Casa Grande. Sungai tersebut masih jernih walaupun terletak nun jauh di bawah sana. Menurut pengamatan, sungai itu semacam cukup sehat untuk tumbuh kembang ikan. Perlahan lahan kami turun hingga bawah dan melepas ikan ikan kecil unyu di dalam kantong plastik besar yang dibeli oleh Nur dan Arma. Fitri yang sedang berduka rupanya juga cukup terhibur dengan kegiatan ini.

IMG_2991.JPG

Berbahagia melepas’nya’ dan mereka ke ‘alamnya’

Saya bertanya tanya apakah nanti ikan ikan tersebut bisa bertahan dalam kerasnya hidup di alam terbuka. Ikan, apa kabarmu? Baik baik ya disana. Semoga kalian bisa membangun dinasti yang bisa bertahan hingga bertahun ke depan. Dua orang ini cukup gila menurut saya. Tidak ada yang tahu bahwa sungai ini mungkin akan membunuh ikan ikan yang mereka relakan pergi ke alamnya. Tapi Tuhan sudah mencatat niat mereka untuk menyayangi alam. Manis. Dalam perjalanan saya berdoa semoga suatu ketika anak anak kecil di daerah itu bisa tersenyum bermain bersama temannya kala memancing saat senggang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s