Encik dan Kepercayaannya

Kali ini saya mau bercerita tentang salah satu encik. Dia sebetulnya salah seorang senior saya, dua tingkat di atas saya. Seorang perempuan berkulit putih dengan mata sipit ala peranakan cina. Setiap orang yang melihat dia pasti selalu mengira bahwa ia beragama non muslim.

Suatu ketika ia pergi menginap dengan teman teman Jepangnya. Orang Jepang akan meminum sake dan berbagai minuman alcohol lainnya ketika mereka ada dalam suatu pesta. Beberapa orang pasti akan mengira bahwa orang akan menawarinya minuman. Akan tetapi ada jawaban lucu dari teman Jepangnya itu. ia bilang bahwa “itu gelasnya disana buat Fitri. Gelasnya khusus buat kamu”. Karena tahu bahwa encik adalah seorang muslim yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol, teman Jepangnya itu menyediakan gelas khusus dengan minuman non alkohol. Mungkin pada saat itu encik hanya minum fanta atau sprit. Intinya dia tidak mau minum minuman alcohol.

Suatu ketika ia ditanyai oleh temannya yang lain mengapa ia tidak mau mengkonsumsi alcohol. Encik bilang bahwa ia tidak diizinkan untuk mengkonsumsi benda tersebut karena Tuhannya tidak membolehkannya untuk minum. Teman Jepangnya seketika berkata “coba deh kamu muinum tanpa memikirkan Tuhanmu”. Dan kemudian ia bengong. Saya pun yang mendengar cerita ini tertawa karena sampai segitunya teman si encik.

Pada jam solat, teman Jepangnya malah yang mengingatkan encik untuk solat. Ia menggelarkan sajadah dan bilang “kamu nggak solat Fit? Aku nggak mau bikin marah Tuhanmu”. Dari cerita encik saya ini, kadang saya mikir bahwa tidak semua orang mau terbawa arus budaya dari orang lain. Ada orang orang yang tetap memegang teguh apa yang mereka percayai tanpa mau melenceng dari jalurnya

Leave a Reply

