Luka Karena Kata II

Sore itu, dengan rasa malu yang mendalam, seseorang mengungkapkan kekecewaannya dengan menumpahkan makanan sisa, air es, dan es batu ke salah seorang temannya. Si anak yang kesal tadi merasa tidak bicara hal yang salah siang tadi saat ia dan temannya itu bersama. Tapi temannya dengan bahasa yang kurang tertata, menurut persepsinya sendiri benar benar membuat malu si anak di depan banyak orang, di depan orang orang yang ia anggap keluarga maupun orang orang lain yang mungkin hanya sekedar mampir melepas lelah dan makan di foodcourt. Ia mungkin menganggap hal itu lucu, tapi tidak dengan si anak.  Ada suatu hal yang tidak temannya itu tidak pahami. Si anak sedang berusaha menyembuhkan diri dari sebuah luka. Tapi sore itu,  semua adalah memori pengingat.

Sore itu si anak masih tertawa tawa kesal, masih sempat bercanda. Hanya rasa malu. Malamnya, benar-benar ia tidak bisa memejamkan mata karena hal itu. Luka lama membuka kembali. Rasa sedih muncul kembali. Ia seperti tidak lagi bisa mengontrol rasa sedih yang ada. Meski sudah sangat lama berlalu sejak hal itu. Bertahun tahun lalu.

Saya belajar satu hal di hari itu. Kadang bahasa yang kamu gunakan untuk berbicara dengan orang bisa jadi dianggap sebagai bahasa alien sehingga audiens penerima bahasamu itu. Dan kadang dibalik tawa seseorang bisa jadi ia sedang menangis. Di balik air mata seseorang mungkin ia sedang bahagia karena sesuatu. Berhati hati dengan ucapanmu. Jangan bermain main dengan candaan seseorang karena seringkali ada hal yang serius yang ingin disampaikan di dalamnya, tapi di dalam kata yang serius bisa jadi ada hal yang ingin dijadikan bahan guyonan. Dan dalam guyonan itu kadang ada hal yang mungkin bisa melukai orang lain. Hati hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s