Chapter IV Konsultasi Berbahaya

Chapter IV

Konsultasi Berbahaya

Sesuai kesepakatan ketika kami melakukan sesi ujicoba, kami akan menemui pembimbing kami tiga hari kemudian. Hari Rabu, kami pergi menemui Ibu Kanoni di ruangan beliau. Hanya ada saya dan Nur waktu itu. Suko, Arma dan Hulul sedang belajar. Sesudah bertemu, beliau ingin melihat proposal kami. Dengan polosnya saya membiarkan ibu Kanoni memberikan flashdisknya pada saya untuk diisi program kami.

Blake dihidupkan, flashdisk dihubungkan, data dipindahkan. Masuk kembali ke komputer jinjing ibu pembimbing. Hasilnya? Banyak data yang tidak muncul. Ibu kanoni panik karena data beliau hilang padahal data data tersebut sangat diperlukan untuk berbagai keperluan terutama untuk mengajar. Sayangnya beliau tidak mempunyai data salinan di laptop atau di flashdisknya yang lain. Saya merasa bersalah tapi tenang tenang saja. Blake memang bermasalah karena antivirusnya tidak pernah saya update. Jadilah flashdisk apapun yang masuk sudah hampir pasti terkena virus. Ibu kanoni yang belum paham antivirus benar benar panik. Jadilah saya tambah merasa bersalah. Karena hal ini pulalah, kami tertahan selama satu setengah jam hanya untuk membenahi data di dalam flashdisk. (Sorry, Nur. Ehehe)

Cara pertama adalah menggunakan antivirus tidak jelas yang ada di dalama laptop Ibu Kanoni. Sayangnya antivirus tersebut lambret dan tidak tuntas dalam membersihkan virus. Sudah kami coba berkali kali untuk memunculkan hidden file dalam flashdisk tapi tidak berhasil. Saya membuka kembali Blake dan mencari Smadav yang saya nonaktifkan. Saya teringat oleh perkataan teknisi partisi Blake dulu ketika saya ingin menghapus aplikasi ini. Jujur saya merasa terganggu oleh cara kerja smadav yang selalu muncul ketika komputer sedang booting. Mas teknisi tersebut bilang pada saya bahwa sebenarnya ada untungnya menggunakan smadav karena bisa memunculkan file yang terhidden. Saya buka aneka program yang ada di laptop saya sambil berharap bahwa antivirus tersebut belum saya hapus secara permanen. Fiuh… untungnya hanya saya nonaktifkan, tidak jadi saya buang waktu itu.

Saya aktifkan antivirus ini dan akhirnya data yang tersembunyi muncul kembali. Saya pindahkan foder smadav ke flashdisk Nur dan memberikan ke laptop Ibu Kanoni. Scan ulang untuk kesekian kalinya, akhirnya Ibu Kanoni bisa tersenyum lega. Data data yang tadinya tidak terlihat tidak jadi hilang. Sungguh berbahaya. Saya hampir menghilangkan semua data di dalamnya. Hoho. Lain kali saya mungkin akan lebih berhati hati dengan menanyakan apakah seseorang yang ingin meminta data dari saya sudah mempunyai backingan data di tempat lain. Ingat, Blake itu sedang sakit. Virusan. Belum nemu racikan obatnya. Hehe.

Setidaknya ada hikmah yang bisa diambil dari kejadian ini. Pertama penting untuk mempunyai backup data di tempat lain sehingga jika ada masalah kita masih punya data penyelamat. Kedua laptop Ibu Kanoni parah karena antivirusnya tidak lebih dari punya Blake yang tidak pernah diupdate sekalipun. Dengan kejadian ini, setidaknya beliau mempunyai antivirus yang sedikit lebih baik karena saya sudah memindahkan antivirus ke laptop beliau. Ketiga, anggap saja waktu beberapa jam itu adalah sesi pembimbing dengan anak bimbingan. Jadi sesi pengenalan yang lebih dalam. Haha.

Hasil dari bimbingan itu adalah kami tidak boleh sama sekali mengubah proposal kami. Jadi apa yang harus kami buat adalah dari apa yang kami buat di proposal. Selamat. Kita ada dalam masalah, kawan. Untungnya pembimbing kami adalah orang yang care sehingga beliau memberikan solusi mengenai kesulitan kami. Pulang, tidak lagi dengan perasaan bingung. Setidaknya ada titik terang yang lebih baik kami mau apa selanjutnya. Abon, here we go.

Hulul yang menemui kami usai pertemuan, ternyata membawa nugget buatan kami yang telah digoreng. Rasanya? almost purfecto. Enak. Bisa buat lauk nih. Sayangnya karena Arma dan Suko tidak datang, kami jadi membagi bagikannya ke teman lain. Entah pada siapa Nur membagikannya, saya dengar dari Dani bahwa nugget yang kami buat memang enak. (nggak takut gendut Dan? :p eheheh)

Leave a Reply

