Wayang Jepang

Wayang Jepang ! saya tidak percaya negera seperti Jepang mempunyai kebudayaan wayang. Saya pikir wayang hanya dimonopoli oleh masyarakat Indonesia saja. Ternyata banyak negara lain yang juga mempunyai wayang sebagai salah satu kebudayaan dalam bangsa mereka. Kali ini saya berkesempatan untuk mengunjungi stand kebudayaan jepang pada wayang World Festival Culture yang diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta dan Bali. Pukul 9 malam, saya hadir pada pagelaran wayang tersebut.

Suasana panggung

Kali ini cerita yang disuguhkan adalah cerita mengenai pemuda yang berusaha mencari istana bayangan untuk mengubur tulang sahabatnya yang mati dalam peperangan. Wayang dibuka dengan sinden Jepang yang melantunkan lagu berbahasa Jepang. Cara duduknya pun sama  layaknya sinden di Indonesia. Di sela sela pertunjukan, terdapat wanita muda yang melakukan olah gerak layaknya seorang penari. Cerita berdurasi kurang lebih satu jam ini dibawakan dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Jepang. Antusiasme penonton cukup besar mengingat wayang jepang adalah hal unik yang sangat jarang dipentaskan.

Tokoh utama 'cowboy' dan seorang wanita Jepang

Tokoh utama ‘cowboy’ dan seorang wanita Jepang

Wayang jepang ini berkisah tentang seorang laki laki yang mencari istana bayangan untuk mengubur tulang belulang teman baiknya. Suatu hari ia bertemu wanita yang meminta untuk membawanya kemanapun ia pergi. Wanita itu sebenarnya adalah kura kura yang ia tolong dalam perjalanan sebelumnya. Dalam perjalanan, ia menemukan ada empat jalan menuju istana bayangan. Pada akhirnya ia menemukan bahwa wanita itu ingin membalas budi baiknya dulu.

Bertemu Buto

Bertemu Buto

Kisah wayang berbahasa Jepang namun dibawakan dengan sentuhan khas Indonesia. Penggunaan gebyog, gunungan dan properti pewayangan lainnya mengadopsi cara Indonesia sedangkan inti ceritanya tetap rasa Jepang. Perpaduan budaya dari dua negara. Meski berbeda tapi tetap luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s